Selasa, 14 Oktober 2008

STUDI WANITA

TATA KRAMA BUDAYA JAWA DAN HARGA DIRI SEBAGAI PREDIKTOR POLA KOMUNIKASIANTAR PASANGAN DALAM PERNIKAHAN


Nurlaela Widyarini
M. Muhib Alwi

Fakultas Psikologi
Universitas Muhammadiyah Jember

RINGKASAN

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran tata krama budaya jawa dan harga diri terhadap pola komunikasi antar pasangan dalam pernikahan.
Subyek penelitian ini adalah anggota Pimpinan Ranting Aisyah (PRA) Karimata Jember. Terdapat 22 orang (11 pasang suami-istri) yang menjadi subyek dalam penelitian ini dan telah mengisi skala tata krama budaya jawa, skala harga diri dan skala pola komunikasi antar pasangan dalam pernikahan. Penelitian ini adalah penelitian populasi karena keseluruhan subyek akan dilibatkan dalam penelitian.
Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi dan korelasi parsial dengan bantuan program SPSS versi 10.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tata krama budaya jawa dan harga diri bukanlah prediktor yang baik dalam menjelaskan pola komunikasi yang digunakan pada pasangan, baik dari istri (F=0.314, p>0.05) dan suami (F=0.463, p>0.05). Hasil korelasi partial antara Harga Diri Istri dengan Pola Komunikasi yang digunakan oleh istri pada suami dan mengontrol variabel Tata Krama Istri menunjukkan bahwa korelasinya tidak signifikan (r=-0.2143, p>0.05). Sedangkan Korelasi antara Tata Krama Budaya Jawa Istri dengan Pola Komunikasi yang digunakan oleh istri pada suami dengan mengontrol variabel Harga Diri Istri menunjukkan bahwa korelasinya tidak signifikasi pula (r=0.2044, p>0,05). Hasil korelasi antara Harga Diri Suami dengan Pola Komunikasi yang digunakan oleh suami pada istri dan mengontrol variabel Harga Diri Suami menunjukkan bahwa korelasinya tidak signifikan (r=-0.365, p>0.05). Sedangkan Korelasi antara Tata Krama Budaya Jawa Suami dengan Pola Komunikasi yang digunakan oleh Suami pada Istri dengan mengontrol variabel Harga Diri Suami menunjukkan bahwa korelasinya pun tidak signifikasi pula (r= -0.2175, p>0,05). Hipotesis penelitian ini ditolak.


Kata Kunci : Tata Krama Budaya Jawa, Harga Diri, Pola Komunikasi Antar Pasangan


JAVANESE ETHICS AND SELF ESTEEM AS PREDICTORS ON COUPLE’S COMMUNICATION STYLE


Nurlaela Widyarini
M. Muhib Alwi

Faculty of Psychology
Muhammadiyah University of Jember

SUMMARY

This research aimed to examine the role of javanese ethics and self esteem on couple’s communication style.
This research was population research and there were 22 subjects (11 married couples) completed three scales: javanese ethics, self esteem and couple’s communication style.
Regression analysis was used to analyze the data. The result shows: the regression model results not significantly prediction of wife communication style (F=0.314, p>0.05) and for husband (F=0.463, p>0.05). The result of partial correlation shows that there is no correlation significantly between wife’s self esteem with wife’s communication style controlling for wife’s javanese ethics (r=-0.2143, p>0.05) and there is no correlation significantly too between wife’s javanese ethics with wife’s communication style controlling for wife’s self esteem ((r=0.2044, p>0,05). At the same time, there is no correlation significantly between husband’s self esteem with husband’s communication style controlling for husband’s javanese ethics (r=-0.365, p>0.05) and there is no correlation significantly too between husband’s javanese ethics with husband’s communication style controlling for husband’s self esteem (r= -0.2175, p>0,05). This Research hypothesis was not accepted.



Keywords : javanese ethics, self esteem, couple’s communication style.

Tidak ada komentar: